Budaya Makan Pinang dan Sirih Masyarakat Papua

PINANG, sebuah kata yang mungkin kita hanya mengenal nama itu lewat bahasa lain like ‘Bagai pinang dibelah dua’, or Panjat Pinang.
Bagi Masyarakat Papua, khususnya masyarakat di wilayah pesisir pantai.Buah Pinang adalah salah satu buah yang paling digemari masyarakat papua dari yang kecil hingga yang lansia.
Kegemaran Makan Pinang adalah sebuah budaya turun temurun, bagi beberapa masyarakat, Pinang bisa dianggap sebagai penyambung silahturahmi..Biasa bila kita berkunjung ke rumah orang Papua di daerah Sentani, Khususnya di Danau Sentani,maka kita akan disuguhi Sajian Pinang.Tuan Rumah akan mengganggap kita saudara bila kita turut makan pinang tersebut..
Selain itu, Budaya saling memberi pinang juga bisa menjadi cara berkenalan antar orang papua selain memberi rokok.Tidak Heran hampir di setiap rumah di Danau Sentani memiliki Pohon Pinang sendiri…
Pinang konon menurut leluhur orang Papua, dapat menguatkan Gusi dan Gigi….Biasa Pinang dicampur dengan Sirih dan Kapur..Tapi menurut pandangan saya, tampaknya benar hal tersebut karena biasanya Gigi Orang Papua Putih berseri dan kuat.
Biasanya orang yang pertama kali makan pinang akan merasakan pusing kepala, namun setelah itu akan biasa..Dan makan pinang juga dapat menghangatkan badan.

Published in: on Januari 27, 2011 at 9:30 am  Tinggalkan sebuah Komentar  

Welcome 2011….Welcome to New Live

Tahun 2011 udah berjalan lewat 6 hari, skrg saatnya membuka lembaran baru, membuka wawasan lebih luas, dan menggapai tujuan hidup lebih mantaf lagi….Mentari Pagi telah terbit…Nikmati dan Syukuri Hidup ini…Indahnya Matahari di Pedalaman Papua Again..So, Tahun Telah Berganti seperti indahnya Mentari Pagi di Pantai Dok II Jayapura, Papua

Published in: on Januari 6, 2011 at 11:06 am  Tinggalkan sebuah Komentar  

About Papua, Indonesia

href=”https://rezza88.files.wordpress.com/2010/12/peta-papua.gif”>
Welcome to this blog…………..
sudah lama gw kagak nulis ini blog semenjak keberadaan gw di Papua dengan segudang aktivitas….
Dalam 2 tahun ini hampir separuh Pulau Cenderawasih ini sudah gw jelajahi……..
So, gw ingin berbagi keadaan disini….keadaan pulau paling timur Indonesia………
Dimana kata orang banyak wilayah masih Perawan dan masih belum tersentuh pembangunan di Pelosoknya…..

SELAMATKAN HUTAN INDONESIA
From Papua – Indonesia
With Smile

Rezza

Published in: on Desember 4, 2010 at 9:51 am  Tinggalkan sebuah Komentar  

I’m Come Back

I’m come back again..

Published in: on November 20, 2010 at 10:31 pm  Tinggalkan sebuah Komentar  

Siang Tidur, Malam Kerja

Wah kalo hidup terbalik tidak seperti biasanya emang rumayan rasanya di badan..Mata hampir terpejam minta di tutup.. tapi apa daya waktu dan tempat tidak pas

Published in: on November 3, 2009 at 9:00 pm  Tinggalkan sebuah Komentar  

Kembali Ngeblog

Setelah kurang Lebih setahun vakum, semoga dengan ini bisa rajin ngeblog lagi ditengah suasana sibuk lainnya…..

Published in: on Oktober 31, 2009 at 7:45 am  Tinggalkan sebuah Komentar  

Bandung, 30 Sept 07

Alhamdulillah keinginan untuk mengunjungi wisata kawah putih ciwidey sudah tercapai juga. Minggu, 30 September 2007 kemarin, tanpa rencana sampai juga disana.

Ceritanya nih, minggu pagi pukul 05.30, diriku ma my lovely partner jalan-jalan ke cikapundung untuk lihat koran n majalah pagi hari<Memang sih, cikapundung terkenal dengan banyaknya pedagang koran ngumpul, crita tentang ini bisa dlihat di tulisan lain nantinya>. Sampai cikapundung, langsung aja muter-muter liat koran n majalah ampe cape nih mata..he7x

Bursa Koran Cikapundung       Tegallega Bandung

Cikapundung                      Tegallega

karena udah jenuh liat koran n majalah, ku punya ide untuk ke tegallega aja. So langsung cabut ke tegallega. Wah this is first moment to tegallega. Ternyata minggu pagi disana ramai banget. dan disana akhirnya kita lihat pertunjukkan tradisional yang cukup atraktif, ada org makan api, naga api, org mkn kaca,dll. Kalo di jawa sih namanya JATHILAN, tapi entah apa namanya kalo di ranah sunda ini. Setlah puas, muter-muter liat barang n menemukan majalah kesayangan ku..DONAL BEBEK..he7x. langsung bungkus 3 biji…

Karena udah cape, ya udah pulang, tapi liat bensin di spedometer, ternyata habis, ya udah cari pom bensin dulu. Motorpun diarahkan ke cibaduyut untuk ngisi bensin.  Pas di depan TVRI, ada pom bensin. “teh, 10 aja”, kataku pada petugas. waktu ngisi bensin, si teteh nanya habis ini mo kemana. Karena binggung, ya udah jawabnya ga tau mo kemana. Dan kata inspirasi itu keluar dari si teteh, “Ke ciwidey aja, deket kok, cuman tinggal belok kanan terus dari sini”…Lngsung deh sinyal kuat untuk segera melakukan trip ke ciwidey,,……

Published in: on Oktober 5, 2007 at 7:59 am  Comments (1)  

Bandung GEMPA

pagi ini jam 00:02an, lagi enak2 di depan komp, eh si monitor goyang2 dan sekeliling juga. Langsung aja ngacir kluar. Ternyata jawa di landa gempa berkekuatan 7.0 SR, besar juga yah?

Published in: on Agustus 9, 2007 at 1:05 am  Comments (1)  

Bandung-Jogja MOtor? 13 jam?

Seminggu yang lalu, tepatnya kamis, 26 Juli 2007, saya melakukan hal yang cukup gila, kE Jogja dari Bandung naik motor bebek.Kirain enak, eh ternyata badan hancur habis. Berangkat dari Bandung jam 13.30 lewat jalur selatan yang notabene jalan naik uyun<naik turun>bukit. Sempet berhenti di tasik untuk sholat bentar, trus nongkrong di Angkringan Gombong jam 11 malem, n nyasar2. Ha7x. AKhirnya sampe Jogja jam 3 pagi, Langung ke rumah temen<Tengkyu Kang Thomas>……..LAngsung tewas dengan sukses ampe pagi……

Published in: on Agustus 5, 2007 at 10:16 pm  Comments (2)  

Hore..Akhirnya Aq Bisa Ktemu ma Julie Estelle

Wah, pas lagi mo nonton film selamanya ma Temen di BIP jam 16.20, eh datang kesana jam 16.00, n ada  keramaian di depan BIP. Wah ternyata waktu itu pas meet n greet Film selamanya. akhirnya aq bisa ktemu langsung ma si Julie. Wuih cakep bgt….

Published in: on Juli 24, 2007 at 11:55 pm  Tinggalkan sebuah Komentar